Tautan-tautan Akses

Pemogokan Besar Landa Seluruh Perancis


Sekitar 3 juta warga Perancis turun ke jalan untuk menentang rancangan reformasi pensiun usulan Presiden Nicolas Sarkozy.

Perancis dilanda satu lagi gelombang protes menentang rancangan reformasi pensiun pemerintah, hari Kamis kemarin. Polisi mengatakan hampir satu juta orang turun ke jalan-jalan untuk melakukan unjuk rasa di seluruh wilayah negara itu.

Para koordinator unjuk rasa mengklaim hampir 3 juta orang turut dalam demonstrasi itu – jauh lebih banyak dari peserta protes babak pertama yang dilakukan tanggal 7 September lalu.

Pemogokan pekerja menyebabkan sekolah-sekolah ditutup dan pengurangan separuh pelayanan angkutan kereta api dan angkutan udara. Di Paris, beberapa perkelahian dilaporkan terjadi antara polisi dan demonstran.

Presiden Perancis Nicolas Sarkozy ingin mereformasi pengelolaan dana pensiun yang tekor, dengan meningkatkan usia minimum pensiun warga Perancis dari 60 menjadi 62 tahun. Usulan kenaikan usia pensiun ini diharapkan akan mengurangi defisit anggaran pemerintah yang hampir mencapai 40 milyar dolar.

Majelis Rendah parlemen sudah meluluskan rancangan itu, dan Senat atau majelis tinggi akan mengadakan pemungutan suara mengenai reformasi pensiun tersebut awal Oktober mendatang.

XS
SM
MD
LG