Tautan-tautan Akses

Pemimpinnya Undur Diri, Orang Kurdi Irak Serbu Parlemen


Gedung DPRD daerah otonomi Kurdistan di Irbil, ibukota Kurdistan di Irak Utara, 29 Oktober 2017 (foto: AFP Photo/Safin Hamed)

Demonstran di Irbil hari Minggu menyerbu gedung parlemen setelah pemimpin Kurdi Irak Masoud Barzani mengumumkan ia mengundurkan diri sebagai presiden Kurdi di wilayah bagian utara Irak yang berpemerintahan sendiri.

Orang-orang Kurdi yang marah menyerang anggota parlemen dan wartawan di dalam gedung, sementara massa di luar melambai-lambaikan bendera Kurdi untuk mendukung Barzani.

Dalam pidato yang disiarkan di televisi, Barzani mengumumkan pengunduran dirinya mulai 1 November. Ia meminta parlemen membubarkan jabatan presiden dan mendistribusikan tugasnya di antara perdana menteri Kurdi, parlemen dan pengadilan.

Barzani mengatakan, pemerintah Irak menggunakan referendum kemerdekaan Kurdi September lalu sebagai "alasan" untuk merebut kembali sebagian besar wilayah yang dikuasai Kurdi selama bertahun-tahun setelah peshmerga dan pasukan koalisi mengusir militan ISIS yang menguasai wilayah besar di bagian utara Irak tahun 2014. Hasil referendum menunjukkan lebih dari 92 persen orang Kurdi Irak memilih kemerdekaan. [ka]

XS
SM
MD
LG