Tautan-tautan Akses

Sekitar 300 cendekiawan dan imam Muslim dari negara-negara Afrika timur mengatakan akan bergabung dengan pemerintah mereka masing-masing untuk memerangi terorisme.

Para cendekiawan tersebut, dari aliran Sufi Islam dari Kenya, Tanzania, Somalia, Ethiopia, Uganda dan the Republik Demokratis Congo, berjanji untuk memerangi ajaran ekstrim dan kegiatan teror setelah bertemu selama dua hari di sebuah konferensi di kawasan pesisir Kenya, Kwale.

Cendekiawan Somalia yang berbasis di AS Mohamud Elmi mengatakan harus ada penangkal terhadap pandangan-pandangan ekstrim di sekolah.

“Ada masalah-masalah yang membuat orang-orang tersesat. Contohnya, kalau mereka tidak mendapatkan pekerjaan, keadilan sosial, mereka harus sekolah dan mendapatkan pendidikan yang baik, silabus harus diperbaiki dan dihapuskan dari doktrin yang meyakini ekstrimisme," kata Elmi.

“Kita harus menempatkan silabus agama yang mendukung orang-orang dengan berbagai keyakinan dan nilai," tambahnya.

Elmi menyerukan Muslim di kawasan tersebut untuk bekerja sama dengan pemerintah mereka untuk menghancurkan terorisme, yang telah menelan nyawa ribuan orang di Somalia dan tetangga sekitarnya.

Rencana digagalkan

Konferensi dua hari tersebut berlangsung sehari setelah petugas keamanan Kenya menemukan senjata dan menahan puluhan tersangka teroris yang diyakini sedang merencanakan sebuah serangan di kota Garissa.

Pada bulan April, lima pria bersenjata menyerang Garissa University College, menewaskan lebih dari 140 orang, sebagian besar siswa.

Sheikh Omar Mohamed dari Tanzania mengatakan aksi kekerasan serupa menciptakan keretakan dan perpecahan di antara warga.

Mohamed mengatakan umat Muslim bisa menjalankan kewajiban agama mereka dengan tenang dan pemerintah memberikan kebebasan pada umat Muslim untuk beribadah. Ia mengatakan umat Muslim tidak boleh membiarkan kekerasan kelompok dan kekacauan terjadi di negara-negara mereka.

Aliran Sufi yang berbasis di Somalia yang dikenal dengan Ahlu-Sunna Wal Jamaa terdiri dari Sufi yang moderat tidak seperti kelompok-kelompok Islamis seperti al-Shabab.

XS
SM
MD
LG