Tautan-tautan Akses

Pemimpin Senior Al-Qaida Tewas di Pakistan


Sheikh al-Fateh dan tiga militan lainnya sedang dalam perjalanan menuju Waziristan utara sewaktu kendaraan mereka ditembaki misil.

Para pejabat Pakistan mengatakan, seorang pemimpin senior al-Qaida terbunuh dalam apa yang dicurigai sebuah serangan misil AS di kawasan kesukuan sebelah baratlaut negeri itu.

Para pejabat mengungkapkan hari ini, Sheikh al-Fateh dan tiga anggota militan lainnya sedang dalam perjalanan menuju Waziristan utara hari Minggu lalu, sewaktu kendaraan mereka ditembaki misil. Fateh dilaporkan sebagai komandan operasional al-Qaida di Pakistan dan Afghanistan. Ia mengambil alih kepemimpinan al-Qaida dari Mustafa Abu al-Yazid, yang dikabarkan tewas dalam serangan pesawat tak berawak bulan Mei lalu.

AS telah meningkatkan kampanye pemboman terhadap golongan militan di Pakistan baratlaut, dalam upaya mencegah serangan-serangan di negara tetangga Afghanistan. Para pejabat yang tidak disebut nama mereka mengungkapkan Selasa ini bahwa Badan Intelijen AS, CIA, telah melancarkan 20 serangan pesawat tak berawak bersenjata dalam bulan September, jumlah terbanyak dalam satu bulan.

Satu serangan lain terjadi hari ini. Menurut para pejabat Pakistan, apa yang dicurigai sebuah serangan misil AS telah menewaskan empat anggota militan di wilayah kesukuan Waziristan selatan.

XS
SM
MD
LG