Tautan-tautan Akses

Pemimpin Oposisi Venezuela Serukan Dukungan Bagi Militer untuk Lawan Maduro


Pemimpin oposisi Venezuela yang memproklamirkan diri sebagai Presiden Sementara, Juan Guaido (tengah) memberi keterangan kepada pers dan pendukungnya di luar pangkalan udara La Carlota, Caracas, Venezuela, 30 April 2019.

Pemimpin oposisi Venezuela yang juga menyatakan diri sebagai presiden sementara, Juan Guaido, Selasa (30/4) mendorong rakyat Venezuela agar turun ke jalan-jalan dan mendukung para anggota militer, dalam upaya menyingkirkan Presiden Nicolas Maduro dan “merebut kembali kebebasan kita.”

Guaido memposting sebuah video di akun Twitternya, yang memperlihatkan ia berpidato di hadapan sekelompok tentara dan politisi oposisi Leopoldo Lopez, yang sedang dikenai tahanan rumah.

Guaido mengatakan militer telah membuat keputusan yang tepat dan akan berada di sisi yang benar dalam sejarah

Tidak lama kemudian, Menteri Informasi Venezuela Jorge Rodriguez mengatakan pemerintah Maduro menghadapi “upaya kudeta” kecil yang dipimpin “para pengkhianat” di dalam militer. Sementara itu Menteri Pertahanan Vladimir Padrino mengatakan militer “dengan tegas membela” Maduro.

Guaido memimpin Majelis Nasional Venezuela. Ia menggunakan konstitusi untuk mendeklarasikan diri sebagai presiden sementara pada Januari lalu, setelah menyebut kepemimpinan Maduro tidak sah karena kecurangan dalam pemilu.

Amerika Serikat dan sekitar 50 negara lainnya telah mengakui Guaido sebagai presiden. [uh]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG