Tautan-tautan Akses

Pemimpin Korut Kembali Tunggangi Kuda Putih ke Gunung Paektu


Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un (tengah) menunggang kuda putih saat berkunjung ke lokasi pertempuran di Gunung Paektu, Ryanggang, 4 Desember 2019. (Foto: STR/KCNA via KNS/AFP)

Media Korea Utara mempublikasikan foto-foto baru yang menunjukkan Kim Jong-un sedang menunggang kuda putih menaiki Gunung Paektu, Rabu (4/12). Gunung Paektu dianggap gunung suci, dan gambaran bahwa pemimpin Korea Utara sedang menaiki gunung itu mengisyaratkan bahwa rezim yang berkuasa sedang bersiap mengeluarkan pengumuman menyangkut kebijakan besar.

Foto-foto yang dipublikasikan kantor berita KCNA menunjukkan, Kim sedang memimpin sebuah kelompok besar penunggang kuda melalui hutan dekat Gunung Paektu yang tertutup salju. Kelompok itu terdiri dari istri Kim, Ri Sol-ju, dan beberapa pejabat militer tingkat tinggi. Kim melakukan perjalanan serupa ke Gunung Paektu Oktober lalu.

Sejak berkuasa pada 2011, Kim mengunjungi gunung itu dalam beberapa kesempatan, dan seringkali sebelum membuat keputusan penting, termasuk mengeksekusi pamannya pada 2013.

Kunjungan terakhir sebelumnya adalah pada Desember 2017, sebelum Kim mengambil keputusan untuk bernegosiasi dengan Amerika Serikat dan Korea Selatan.

KCNA melaporkan, Rabu (4/12), Partai Buruh Korea yang berkuasa akan melangsungkan pertemuan lengkap komisi sentralnya bulan depan untuk membahas isu-isu penting karena situasi yang berubah di dalam dan luar negeri.

Gunung Paektu merupakan tempat ayah Kim, mendiang Kim Jong Il, dilahirkan. Menurut mitologi Korea Utara, sewaktu Kim Jong Il dilahirkan, pelangi ganda terlibat mewarnai langit di gunung itu.

Kuda putih juga simbol propaganda keluarga Kim, yang telah berkuasa di Korea Utara selama tujuh dekade. [ab/uh]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG