Tautan-tautan Akses

Pemimpin Korut Kembali Saksikan Latihan Militer


Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (tengah) bersama anggota Tentara Rakyat Korea (KPA) selama latihan artileri pasukan gabungan di lokasi yang dirahasiakan di Korea Utara. (Foto: via AFP)
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (tengah) bersama anggota Tentara Rakyat Korea (KPA) selama latihan artileri pasukan gabungan di lokasi yang dirahasiakan di Korea Utara. (Foto: via AFP)

Media pemerintah Korea Utara KCNA pada Jumat (8/3) terus menunjukkan kesiapan militer Korea Utara, dengan memuat laporan baru mengenai pemimpin Kim Jong Un yang menyaksikan latihan artileri.

KCNA mengatakan bahwa Kim “memandu” sebuah “latihan penembakan artileri” pada 7 Maret.

Foto-foto media pemerintah itu memperlihatkan Kim yang mengenakan jaket kulit berwarna hitam, sedang berjalan di sekitar lapangan militer.

Media pemerintah Korea Utara kerap melaporkan berita sedikitnya satu hari setelah peristiwanya terjadi.

Serangkaian foto memperlihatkan Kim bersama dengan para pejabat tinggi militer menyaksikan tentara menembakkan peluru dan roket dari lokasi yang tidak diketahui.

Foto-foto dan isinya belum diverifikasi secara independen.

Latihan itu berlangsung setelah Kim menyerukan peningkatan kemampuan tempur melawan AS dan Korea Selatan sewaktu kedua negara itu memulai latihan tahunan pos komando dengan simulasi komputer dan serangkaian latihan di lapangan pada hari Senin yang akan berlangsung 11 hari.

Korea Utara telah bereaksi terhadap latihan-latihan militer Korea Selatan-AS sebelum ini dengan uji coba rudal dan senjata lainnya.

Dalam kunjungannya ke sebuah pusat pelatihan operasional di bagian barat negara itu, Rabu, Kim mengatakan militer harus “terus mengintensifkan latihan perang aktual yang bertujuan untuk meningkatkan dengan segera kemampuan tempurnya demi kesiapan perang yang sempurna,” kata KCNA. [uh/lt]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG