Tautan-tautan Akses

Pemimpin Korsel, China akan Bicara Tatap Muka Pekan Depan


Presiden China Xi Jinping (kanan) bersama Presiden Korea Selatan Moon Jae-in (Foto: dok). Kedua pemimpin dijadwalkan akan bertemu di sela-sela pertemuan APEC di Vietnam, 10-11 November 2017.

Para pemimpin Korea Selatan dan China akan mengadakan pembicaraan tatap-muka pekan depan, yang mengakhiri ketegangan diplomatik selama satu tahun ini atas penempatan senjata anti-misil Amerika di Korea Selatan.

Kantor kepresidenan Korea Selatan mengeluarkan pernyataan hari Selasa (31/10) yang mengatakan Moon Jae-in dan Presiden China Xi Jinping akan berbicara di sela-sela pertemuan puncak APEC yang akan diadakan di Vietnam tanggal 10 sampai 11 November.

Hubungan antara kedua negara kuat kawasan itu menjadi dingin setelah Seoul menempatkan sistem Pertahanan THAAD di lahan bekas lapangan golf di kota Seongju, di bagian selatan negara itu. Korea Selatan mengatakan THAAD ditempatkan untuk menghadapi kemungkinan serangan misil dari Korea Utara, tetapi China mengatakan system pertahanan itu mengurangi keamanannya sendiri.

Beijing melakukan pembalasan terhadap perusahaan-perusahaan Korea Selatan yang beroperasi di China, dan melarang pariwisata berombongan ke Korea Selatan. [gp]

XS
SM
MD
LG