Tautan-tautan Akses

Pemimpin Jepang Rombak Kabinet untuk Segarkan Citra


Shinjiro Koizumi (kanan), bersama PM Jepang Shinzo Abe di Tokyo, Jepang, 28 September 2017. (Foto: dok).

PM Jepang Shinzo Abe merombak, kabinetnya, Rabu (11/9), dengan menambahkan dua perempuan dan putra seorang mantan perdana menteri untuk menyegarkan citranya sementara mempertahankan usahanya memajukan kebijakan-kebijakan perdagangan dan keamanan berorientasi AS.

Shinjiro Koizumi (38), putra mantan PM Junichiro Koizumi, ditunjuk sebagai menteri lingkungan baru. Koizumi menjadi orang pertama berusia 30-an yang dalam kabinet Abe yang didominasi pria berusia 50-an dan lebih tua.

Ayah Koizumi sangat populer sewaktu menjabat. Banyak warga Jepang berharap, Koizumi muda kelak akan menjadi pemimpin Jepang.

Sanae Takaichi, 11 September 2019.
Sanae Takaichi, 11 September 2019.

Abe juga menunjuk dua perempuan sebagai menteri baru. Sanae Takaichi ditunjuk sebagai Menteri Hubungan Dalam Negeri dan Komunikasi, sementara Seiko Hashimoto, mantan atlet olimpiade sepatu roda, ditunjuk sebagai Menteri Urusan Olimpiade Tokyo 2020.

Abe juga melakukan pergeseran posisi di kabinetnya. Taro Kono, yang sebelumnya menjabat sebagai menteri luar negeri, ditempatkan sebagai menteri pertahanan, sementara Toshimitsu Motegi, menteri kebijakan ekonomi, kini menjadi menteri luar negeri. [ab/uh]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG