Tautan-tautan Akses

Pemimpin Houthi Berjanji Tidak Akan Menyerah kepada Pemerintah


Militan Houthi berjaga di atas atap sebuah gedung saat rekan-rekannya berdemo di Sanaa, Yaman, 5 Oktober 2018. (Foto: dok).
Militan Houthi berjaga di atas atap sebuah gedung saat rekan-rekannya berdemo di Sanaa, Yaman, 5 Oktober 2018. (Foto: dok).

Pemimpin pemberontak Yaman, Rabu (7/11) berjanji tidak akan menyerah kepada pasukan pro-pemerintah yang didukung oleh Saudi, tetapi tampaknya mengakui pasukannya telah kehilangan wilayah dalam pertempuran untuk mempertahankan kota pelabuhan Hodeida.

“Apakah musuh berpikir bahwa menembus daerah ini atau itu, atau merebut daerah ini atau itu, berarti kita harus menyerah?,” Demikian seperti dikatakan oleh Abdulmalik al-Huthi dalam pidato yang disiarkan lewat televisi.

Militer Yaman mengatakan pasukan pemerintah telah maju lebih dekat ke jantung kota Hodeida, Rabu (7/11), menimbulkan kekhawatiran atas keamanan warga sipil dan pengiriman bantuan kemanusiaan melalui kota pelabuhan itu.

Pemberontak Huthi, pasukan kesukuan dari Yaman utara yang terkait dengan Iran, hari Rabu mengakui serangan oleh koalisi pimpinan Saudi dan menuduh pasukan pro-pemerintah memprovokasi eskalasi kekerasan.

Hampir 200 pejuang tewas selama seminggu terakhir dalam pertempuran untuk memperebutkan Hodeida, yang direbut oleh pemberontak bersamaan dengan direbutnya ibu kota pada tahun 2014.

Kelompok-kelompok bantuan internasional hari Rabu (7/11) minta jalur aman bagi warga sipil sementara bentrokan mendekati rumah-rumah sakit di kota itu. [lt]

XS
SM
MD
LG