Tautan-tautan Akses

Pemimpin Amerika Latin Ucapkan Selamat Kepada Biden, Harris


Presiden Kolombia Ivan Duque. (Foto: dok).
Presiden Kolombia Ivan Duque. (Foto: dok).

Para pemimpin Amerika Latin dari Peru, Venezuela dan Kolombia menyampaikan ucapan selamat kepada presiden AS Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris.

Presiden Kolombia Ivan Duque menyebut pidato pelantikan Biden luar biasa, dengan mengatakan seruan Biden bagi persatuan di antara rakyat Amerika Serikat dan seruannya untuk membangun tujuan bersama di tengah berbagai perbedaan memiliki dampak penting di dunia.

Duque juga mengatakan hubungan diplomatik 200 tahun antara Amerika Serikat dan Kolombia terus menguat ke arah tujuan bersama.

Presiden Peru, Francisco Sagasti.
Presiden Peru, Francisco Sagasti.

Presiden Peru Francisco Sagasti mengatakan negaranya optimistis mengenai masa depan kerja sama, investasi dan perdagangan yang lebih besar dengan Amerika Serikat.

Presiden Venezuela Nicolas Maduro juga menyampaikan ucapan selamat kepada Biden dengan permintaan langsung untuk mengubah kebijakan-kebijakan AS terhadap Venezuela.

Presiden Venezuela Nicolas Maduro. (Foto: dok).
Presiden Venezuela Nicolas Maduro. (Foto: dok).

Biden belum berkomentar secara terbuka mengenai kebijakan AS terhadap Venezuela sejak ia menjabat pada hari Rabu. Tetapi calon menteri luar negerinya, Antony Blinken, menunjukkan dukungan bagi pesaing Maduro, Juan Guaido, dalam sidang konfirmasinya di Senat, sebut ABC News.

AS dan beberapa negara barat lebih mendukung pemimpin oposisi Guaido sebagai pemimpin Venezuela yang mereka akui, setelah pemilihan presiden 2018 yang disengketakan. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG