Tautan-tautan Akses

Pemilu Yunani: Partai Demokrasi Baru Diperkirakan Menang Telak 


Mantan PM Yunani dan pemimpin partai konservatif Demokrasi Baru, Kyriakos Mitsotakis memberikan suaranya di sebuah TPS di ibu kota Athena, Minggu (25/6).
Mantan PM Yunani dan pemimpin partai konservatif Demokrasi Baru, Kyriakos Mitsotakis memberikan suaranya di sebuah TPS di ibu kota Athena, Minggu (25/6).

Partai Demokrasi Baru yang konservatif diperkirakan akan menang telak dalam pemilu kedua di Yunani dalam lima minggu ini, proyeksi resmi yang didasarkan pada jumlah pemilih yang datang ke TPS hari Minggu (25/6). Partai Demokrasi Baru dinilai akan memperoleh cukup kursi parlemen untuk membentuk pemerintahan empat tahun kedua.

Partai pimpinan Kyriakos Mitsotakis itu diproyeksikan akan merasih 40,5% suara. Sementara saingan utamanya, partai sayap kiri Syriza, diperkirakan akan menderita kekalahan telak dengan hanya 18% suara; lebih buruk dibanding pemilu terakhir Mei lalu di mana Syriza meraih 20% suara.

Pemungutan suara hari Minggu ini dilakukan lebih dari satu minggu setelah tenggelamnya sebuah kapal migran di lepas pantai barat Yunani, yang menewaskan ratusan orang. Insiden itu sekaligus mempertanyakan langkah-langkah yang diambil pihak berwenang Yunani dan kebijakan migrasi ketat negara itu.

Meskipun demikian musibah terburuk di Laut Tengah dalam beberapa tahun terakhir ini tidak mempengaruhi pemilu, yang masih didominasi masalah ekonomi dalam negeri.

Proyeksi menunjukkan partai pimpinan Mitsotakis akan memenangkan 300 kursi parlemen, yang cukup untuk membentuk pemerintahan yang stabil.

Pemilu sebelumnya pada Mei lalu dilakukan berdasarkan sistem perwakilan proporsional. Ketika itu Partai Demokrasi Baru meraih 41% suara tetapi tidak menguasai kursi mayoritas.

Secara keseluruhan ada delapan partai yang diperkirakan melampaui ambang batas 3% untuk duduk di parlemen, termasuk partai sayap kanan dan partai ultra-relijius. Jumlah partai yang duduk di parlemen akan mempengaruhi berapa banyak kursi yang diperoleh pemenang pemilu.

Mitsotakis, yang berusia 55 tahun, selama ini berkampanye dengan platform mengamankan pertumbuhan ekonomi dan stabilitas politik, pada saat ketika Yunani secara bertahap pulih dari krisis keuangan selama hampir satu dekade. [em/jm]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG