Tautan-tautan Akses

Pemilu Paruh Waktu AS, Demokrat Berharap Kuasai DPR


Pelangi menghiasi langit Washington DC usai pelaksanaan pemilu paruh waktu, Selasa (6/11).
Pelangi menghiasi langit Washington DC usai pelaksanaan pemilu paruh waktu, Selasa (6/11).

Para pemilih Amerika yang terpecah tajam, memberikan suara mereka hari Selasa, untuk memilih anggota Kongres baru dan menunjukkan sikap mereka terhadap pemerintahan Presiden Trump.

Hasil pemungutan suara itu bisa menggeser perimbangan kekuasaan di Washington dan mengubah kepresidenan Trump dalam dua tahun ke depan.

Semua 435 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat dipertaruhkan pada hari Selasa, ditambah 35 dari 100 kursi Senat AS dan 36 dari 50 jabatan gubernur negara-negara bagian.

Jajak pendapat dan analis opini publik menunjukkan, partai oposisi Demokrat unggul dalam persaingan untuk mendominasi DPR. Demokrat dijagoi untuk memenangkan kursi DPR lebih dari yang mereka miliki sekarang dan secara keseluruhan membutuhkan 23 kursi untuk merebut kembali mayoritas di DPR.

Partai Republik mengandalkan Presiden Trump untuk menggalang para pendukungnya guna membantu mempertahankan mayoritas tipis partat republik di Senat yang punya 51 kursi dan demokrat 49 kursi. Dari 35 kursi Senat yang dipertaruhkan hari Selasa, Demokrat memegang 26 dan Republik memegang sembilan. (ps/al)

XS
SM
MD
LG