Tautan-tautan Akses

Pemilih Khawatir Kejujuran Pemilu Paruh Waktu di AS


Penduduk setempat mengantre untuk memberikan suara mereka saat pemungutan suara awal untuk pemilihan paruh waktu di Perpustakaan Regional South Cobb, di Mableton Georgia, AS, 4 November 2022. (Foto: REUTERS/Carlos Barria)

Pengamat intelijen senior Brian Liston mencatat, selama 2022, akun media sosial palsu di AS yang diyakini berasal dari Rusia, masih belum ramai. Namun, kondisi itu berubah pada Agustus, mendekati pemilihan paruh waktu AS.

“Kami melihat akun-akun itu mulai aktif, berbicara tentang kecurangan pemilu atau pemilu akan dicurangi, dengan pengisian surat suara dan hal-hal seperti itu, atau Demokrat akan mencoba mencurangi pemilu,” kata Liston, yang bekerja untuk Recorded Future, sebuah perusahaan keamanan siber.

Liston adalah satu dari sejumlah peneliti jaringan siber, pakar keamanan siber, lembaga pemerintah, dan lainnya yang mengamati media sosial, situs web, media pemerintah, dan pengumuman penegakan hukum untuk melacak kampanye disinformasi terpadu yang berasal dari musuh AS seperti Rusia, China, dan Iran.

Mengapa Hanya Partai Demokrat dan Partai Republik Berpeluang Menang Pemilu Federal AS?
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:57 0:00

Situs berita bohong oleh organisasi yang terkait dengan pemerintah itu memaparkan berita yang memecah belah tentang AS, yang kemudian dipromosikan oleh media sosial palsu yang berpura-pura menjadi orang Amerika. Liston mengatakan operator Rusia menabur perpecahan bahwa sistem pemungutan suara AS tidak dapat dipercaya.

Operator China menyoroti besarnya kecemasan tentang kejujuran surat suara, sebagai bukti bahwa demokrasi Amerika tidak berjalan dengan baik. [ps/ft]

Forum

XS
SM
MD
LG