Tautan-tautan Akses

AS

Pemerintahan Trump Revisi Aturan Polusi PLTU dari Era Obama


PLTU Dave Johnson di Glenrock, Wyoming, 27 Juli 2018. (Foto: AP)

Pemerintahan Presiden Donald Trump terus menggerus peraturan yang dibuat oleh Presiden Barack Obama untuk memaksa pembangkit listrik batu bara (PLTU) mengurangi emisi gas air raksa dan partikel-partikel lain yang berbahaya bagi manusia. Trump juga membatasi dikeluarkannya peraturan baru yang mengatur polusi udara oleh perusahaan minyak dan pembangkit listrik batu bara.

Kepala Badan Perlindungan Lingkungan Andrew Wheeler, mantan pelobi batu bara, mengumumkan peraturan baru itu, Kamis (16/4). Wheeler sendiri berhasil mendorong pencabutan banyak peraturan yang dianggap merugikan industri batu bara.

Kelompok-kelompok lingkungan dan kesehatan masyarakat, serta para anggota Kongres partai Demokrat mengecam pemerintah yang terus mendorong pencabutan peraturan dari masa pemerintahan Obama itu, ketika pandemi virus corona sedang menyita perhatian dunia.

Kata Senator Tom Carper, dengan pencabutan peraturan yang mengurangi polusi udara itu, Badan Perlindungan Lingkungan Amerika “praktis menjamin akan terjadinya polusi udara yang akan menyulitkan orang untuk pulih dari penyakit akibat virus corona.” [ii/pp]

XS
SM
MD
LG