Tautan-tautan Akses

Pemerintahan Trump Cabut UU Perlindungan Air Bersih Era Obama


Kepala Badan Perlindungan Lingkungan Hidup AS (EPA) Andrew Wheeler, berbicara di depan Sub Komisi Lingkungan Hidup dan Perubahan Iklim, di Capitol Hill, 19 April 2019.
Kepala Badan Perlindungan Lingkungan Hidup AS (EPA) Andrew Wheeler, berbicara di depan Sub Komisi Lingkungan Hidup dan Perubahan Iklim, di Capitol Hill, 19 April 2019.

Pemerintahan Trump telah mencabut aturan era Obama yang menggunakan perlindungan federal untuk mengamankan saluran air dari polusi, tindakan yang dikatakan akan ditentang pencinta lingkungan di pengadilan.

Menyingkirkan Undang-Undang Air Bersih Amerika 2015 (WOTUS) "mengakhiri perebutan kekuasaan yang mengerikan, menghapus tambal sulam peraturan air bersih yang terus berlangsung, dan mengembalikan kerangka peraturan yang sudah lama dan dikenal," kata Kepala Badan Perlindungan Lingkungan (EPA), Andrew Wheeler, Kamis (12/9).

Ia menambahkan bahwa tindakan itu memenuhi salah satu "janji utama" Presiden Donald Trump.

Wheeler menyampaikan pengumuman di markas besar National Association of Manufacturers di Washington, yang anggotanya telah melobi peraturan air bersih.

Aturan WOTUS itu melindungi lahan basah dan aliran dari polusi pestisida, limbah tambang dan pupuk. UU ini menguatkan saluran air menurut UU penting Clean Water Act 1972.

Penentang aturan era pemerintahan Obama mengatakan peraturan itu menciptakan kebingungan dan menyamakannya dengan perampasan tanah pribadi milik federal. Para petani dan yang lainnya mengeluhkan tindakan itu juga diterapkan pada kolam-kolam kecil yang tidak mengalir ke mana-mana, membuat mereka bertanya-tanya apakah mereka bisa menggarap tanah mereka tanpa melanggar hukum federal.

Wheeler mengatakan EPA sekarang akan mendefinisikan ulang saluran air mana yang tunduk pada peraturan federal. [my/pp]

XS
SM
MD
LG