Tautan-tautan Akses

Pemerintah Sudan, Kelompok Pemberontak Capai Kesepakatan Damai


Letnan Jenderal Mohamed Hamdan Dagalo, wakil kepala dewan militer, menjelang penandatangan perjanjian damai antara pemerintah pembagian kekuasaan Sudan dan lima kelompok pemberontak di Juba, Sudan Selatan, 31 Agustus 2020.

Sejumlah pemimpin Sudan dan komandan pemberontak hari Senin (31/8) mencapai kesepakatan damai bersejarah, langkah pertama yang penting untuk mengakhiri konflik yang berlangsung selama 17 tahun, kata seorang koresponden AFP.

Para pemimpin Front Revolusi Sudan (SRF), organisasi yang membawahi kelompok-kelompok pemberontak dari Darfur, wilayah di bagian barat, dan negara bagian-negara bagian di selatan, Kordofan Selatan dan Nil Biru, mengacungkan tinju mereka dengan gembira setelah menandatangani kesepakatan.

Kesepakatan, yang dicapai di ibu kota negara tetangga, Sudan Selatan, hanya diparaf dan tidak ditandatangani, sebagai cara untuk membuka kesempatan bagi dua kelompok pemberontak utama yang masih menolak kesepakatan, agar bergabung dalam perjanjian “akhir”, kata para pejabat berwenang. [lj/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG