Tautan-tautan Akses

Pemerintah Pusat Spanyol Hambat Separatis Memerintah Catalonia


Pemimpin partai Ciutadans (Citizens) Ines Arrimadas memamerkan amplop surat suaranya sebelum memilih untuk pemilihan daerah Catalan di Barcelona, Spanyol, Kamis, 21 Desember 2017. (Foto: dok).

Pemerintah pusat Spanyol dapat memblokir kaum separatis Catalonia membentuk pemerintah daerah baru walaupun mereka menang dalam pilkada pekan lalu, menurut para anggota senior Partai Rakyat yang berkuasa, yang mengatakan bahwa status mayoritas gerakan kemerdekaan dalam parlemen adalah rapuh.

Pemerintah pusat dapat menggunakan pemenjaraan dan pembuangan banyak para angggota parlemen terkemuka separatis “untuk menumpulkan kelebihan mereka dalam parlemen,” menurut beberapa sumber. Mereka dapat juga memberlakukan pasal-pasal pemerintahan langsung untuk memperkuat pemerintah koalisi anti-separatis yang dipimpin oleh Ines Arrimadas yang berhaluan kanan moderat, yang memenangkan bagian terbesar suara, yakni 27 persen, dari ke-7 partai yang turut dalam pemilihan.

Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy memberi isyarat demikian dalam jumpa pers Jumat lalu ketika ia ditanya apakah ia akan bersedia bertemu dengan Presiden Catalonia Carles Puigdemont, yang berada di Belgia.

“Orang yang akan saya temui adalah Arrimadas,” jawab Rajoy. [gp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG