Tautan-tautan Akses

Pemerintah Koalisi Spanyol Libatkan 5 Anggota Partai Anti-penghematan


Pemimpin partai Podemos, Pablo Iglesias (tengah), di antara para aggota parlemen Spanyol di Madrid, Spanyol, Selasa, 7 Januari 2020.

Pemerintah koalisi baru Spanyol menyatakan akan melibatkan lima anggota partai sayap kiri yang anti-penghematan, United We Can.

Partai Sosialis dari Perdana Menteri Pedro Sanchez bermitra dengan United We Can untuk membentuk pemerintah koalisi pertama Spanyol sejak pemulihan demokrasi tahun 1978.

Pemerintahan Sanchez mengumumkan empat nama menteri dari United We Can, Kamis (9/1), sementara nama-nama lain yang akan menduduki posisi Kabinet yang tersisa akan diumumkan dalam beberapa hari mendatang, dan diperkirakan adalah pejabat-pejabat tinggi Partai Sosialis Pemerintah koalisi baru itu juga mengatakan, kabinet Sanchez akan memiliki tiga wakil perdana menteri lagi dan semuanya adalah perempuan.

Ketua United We Can, Pablo Iglesias, akan menjadi Wakil Perdana Menteri yang bertanggung jawab atas hak-hak sosial dan pembangunan berkelanjutan. Rekan sejawat partai yang kebetulan juga istrinya, Irene Montero akan menjabat sebagai Menteri Urusan Kesetaraan. Yolanda Diaz akan menduduki posis Menteri Tenaga Kerja; Alberto Garzon sebagi Menteri Pangan; dan Manuel Castells sebagai Menteri Urusan Perguruan Tinggi.

Sanchez lolos dari mosi tidak percaya dengan suara tipis di Parlemen Spanyol,Selasa, untuk memperoleh dukungan dalam membentuk pemerintahan, sehingga mengakhiri hampir satu tahun pemerintahan sementaranya. [mg/ab]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG