Tautan-tautan Akses

Pembukaan Lapangan Kerja AS Melonjak, Harga Saham Naik


Para pencari kerja AS menghadiri acara bursa lapangan kerja di kota New York (foto: ilustrasi).

Lonjakan pembukaan lapangan kerja dan kata-kata meyakinkan dari kepala bank sentral membuat harga-harga saham Amerika naik tinggi hari Jumat (4/1).

Departemen Tenaga Kerja melaporkan kenaikan bersih 312 ribu lowongan kerja pada Desember, jauh lebih banyak dari perkiraan para ekonom. Data juga menunjukkan tingkat pengangguran naik sedikit menjadi 3,9 persen.

Banyak analis menilai kenaikan tingkat pengangguran mungkin merupakan berita baik karena kenaikan upah mendorong banyak orang yang menganggur untuk mulai mencari pekerjaan.

Secara resmi orang tidak dihitung sebagai pengangguran kecuali bila telah mencari pekerjaan dalam empat minggu terakhir. Pada Desember, angkatan kerja naik 419 ribu karena upah naik 3,2 persen selama setahun terakhir.

Kepala Federal Reserve Jerome Powell hari Jumat mengatakan, pejabat-pejabat Fed "mencermati" pasar yang meredam dampak "kekhawatiran terhadap pertumbuhan global dan negosiasi perdagangan."

Pada penutupan perdagangan hari Jumat, indeks saham Dow naik lebih dari 700 poin, sementara indeks utama Amerika naik lebih dari tiga persen. (ka)

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.

Recommended

XS
SM
MD
LG