Tautan-tautan Akses

Pembicaraan Langsung akan Angkat Isu Permukiman Tepi Barat


Departemen Luar Negeri AS mengatakan para pejabat Amerika telah menyadari pentingnya hal tersebut bagi Palestina.

Masalah pembekuan permukiman baru di Tepi Barat akan masu dalam agenda awal pembicaraan perdamaian langsung Israel-Palestina yang dijadwalkan akan dilanjutkan pada tanggal 2 September di Washington.

Demikian menurut Departemen Luar Negeri AS, yang mengatakan para pejabat Amerika telah menyadari pentingnya hal tersebut. Penangguhan yang saat ini berlaku terhadap permukiman Yahudi yang baru di Tepi Barat, akan habis masa berlakunya pada tanggal 26 September.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas telah memperingatkan Presiden Amerika Barack Obama, Palestina akan segera membatalkan pembicaraan bila Israel tidak memperpanjang 10 bulan moratorium pembangunan. Permukiman baru tersebut mengundang protes Palestina, karena berlangsung di atas tanah yang dipandang warga Palestina sebagai lokasi negara mereka di masa depan.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memimpin koalisi yang didominasi oleh partai-partai sayap kanan yang mendukung gerakan permukiman. Para anggota parlemen dari partai Likud-nya sendiri telah mengancam akan menjatuhkan pemerintah, bilaNetanyahu mengizinkan moratorium yang sekarang berlaku, diperpanjang.

XS
SM
MD
LG