Tautan-tautan Akses

Pemberontak Yaman Tembakkan Misil ke Kapal Uni Emirat Arab


Lokasi kota pelabuhan Al-Mokha di Yaman (foto: ilustrasi).
Lokasi kota pelabuhan Al-Mokha di Yaman (foto: ilustrasi).

Koalisi pimpinan-Saudi mengatakan pemberontak di Yaman telah menembakkan sebuah misil ke sebuah kapal Uni Emirat Arab. Serangan itu tidak menyebabkan kerusakan, namun melukai seorang pelaut.

Sebuah pernyataan oleh kantor berita Saudi hari Kamis (15/6) pagi mengatakan bahwa pemberontak menembakkan misil ke arah kapal tersebut saat meninggalkan kawasan al-Mokha, sebuah pelabuhan Laut Merah yang strategis di Yaman.

Pasukan koalisi negara-negara Arab yang dipimpin Saudi memulai perang mereka di Yaman pada bulan Maret 2015, memerangi pemberontak Syiah Yaman, dikenal sebagai Houthi, yang menguasai ibu kota Sanaa dengan sekutu mereka.

Kapal-kapal UEA telah menjadi target serangan pemberontak sebelumnya dalam konflik tersebut. Serangan hari Rabu (14/6) itu terjadi setelah koalisi angkatan laut internasional mengatakan akan meningkatkan patrolinya di perairan Yaman, karena kekhawatiran serangan terhadap kapal-kapal yang beroperasi di sana.

Teluk Aden dan Bab el-Mandeb di lepas pantai Yaman adalah dua kawasan penting bagi kapal-kapal kargo yang melewati Terusan Suez. [pp]

XS
SM
MD
LG