Tautan-tautan Akses

Pemberontak Suriah Rebut Kembali Desa dari Pasukan Pemerintah


Tentara Suriah bersiap meluncurkan mortar ke arah para pemberontak di desa Kfar Nabuda, provinsi Hama, 11 Mei 2019. (Foto: dok).

Sejumlah aktivis Suriah dan pemberontak mengatakan, para pejuang oposisi telah berhasil merebut kembali sebuah desa di ujung kubu pertahanan terakhir mereka di kawasan barat laut Suriah.

Naji al-Mustafa, juru bicara faksi-faksi bersenjata mengatakan, para pejuang mereka berhasil meraih kembali kontrol mereka atas Kfar Nabuda, Rabu, dalam serangan semalam, dan memaksa pasukan pemerintan keluar dari kawasan yang mereka rebut sebelumnya bulan ini.

Pasukan pemerintah merebut Kfar Nabuda pada tanggal 8 Mei, dan berhasil menerobos masuk kawasan yang dikontrol pemberontak.

Bentrokan itu sendiri pecah tanggal 30 April sehingga menggagalkan kesepakatan gencatan senjata yang dimediasi Rusia dan Turki September lalu, dan membangkitkan kekhawatiran akan terjadinya serangan pemerintah yang lebih luas.

Kawasan utama terakhir yang dikuasai pemberontak di Suriah, yakni bagian barat laut provinsi Idlib dan beberapa bagian di provinsi Hama, merupakan rumah bagi sekitar 3 juta warga Suriah. [ab]

T2419 US-Congress-Russia-Probe

Semakin Banyak Legislator Demokrat Serukan Pemakzulan Trump

------------------------------------

Semakin banyak tokoh Demokrat di Kongres menyerukan dilangsungkannya proses pemakzulan terhadap Presiden Donald Trump setelah Trump kembali melakukan aksi menentang Kongres dengan menghalangi mantan pengacara Gedung Putih-nya memberikan kesaksian.

Dipicu oleh ketidakhadiran mantan penasehat Gedung Putih Don McGahn di Komisi Hukum DPR Selasa, mereka mengonfrontasi Ketua DPR Nancy Pelosi dan mendorong dirinya dan para pemimpin lainnya untuk bertindak. Mereka tidak sabar dengan sikap Pelosi yang lebih memilih pendekatan metodikal, termasuk menggelar kasus di pengadilan.

Pelosi, Rabu, memanggil sebagian kecil legislator Demokrat untuk menghadiri pertemuan para penyelidiki untuk mengevaluasi strateginya,

Trump, Rabu, kembali mengulang mantranya dengan menyebut fraksi Demokrat melakukan penyelidikan mengada-ada mengenai dirinya, Dalam sebuah cuitannya di Twitter, Trump mengatakan, “Fraksi Demokrat tidak menyelesaikan pekerjaan yang seharusnya mereka lakukan di Kongres.”

Sementara mendukung Pelosi, sejumlah pemimpin Partai Demokrat mengisyaratkan, langkah menuju pemakzulan kemungkinan tak bisa dihindari. (ab)

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG