Tautan-tautan Akses

Pembebasan Sejumlah Sanksi PBB Bagi Perluasan Hubungan Antar Korea


Presiden Moon Jae-in di Seoul, Korea Selatan, Selasa, 14 Januari 2020. (Kim Hong-Ji / Pool Foto melalui AP)

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menyatakan, Selasa (1/14) bahwa ia dapat mendukung pencabutan sejumlah sanksi PBB terhadap Korea Utara sebagai cara untuk mencapai perluasan hubungan antar-Korea yang menurutnya dapat membantu dimulainya kembali perundingan nuklir antara Pyongyang dan Washington.

Moon sebelumnya tidak berhasil meminta pencabutan beberapa sanksi untuk memulai kembali sejumlah proyek ekonomi antar-Korea yang tidak aktif, meskipun ada kekhawatiran hal itu akan melemahkan upaya yang dipimpin AS untuk menghilangkan persenjataan nuklir Korea Utara.

Komentar terbaru Moon itu muncul sekitar dua minggu setelah Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengancam untuk meningkatkan program nuklirnya dalam menghadapi apa yang disebutnya tekanan dan sanksi AS yang "mirip gangster".

Moon Jae-in juga memuji kiriman ucapan selamat ulang tahun Presiden Donald Trump kepada pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, yang digambarkan sebagai "ide bagus" bagi peningkatan peluang untuk memulai kembali perundingan denuklirisasi. [mg/lt]

XS
SM
MD
LG