Tautan-tautan Akses

Pembayaran Jaminan Sosial AS Meningkat 5,9% Saat Inflasi Melonjak


Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat, Rabu (13/10), mengumumkan mulai Januari akan meningkatkan pembayaran penyesuaian biaya hidup (COLA) dari Jaminan Sosial sebesar 5,9 persen. (Foto: VOA)
Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat, Rabu (13/10), mengumumkan mulai Januari akan meningkatkan pembayaran penyesuaian biaya hidup (COLA) dari Jaminan Sosial sebesar 5,9 persen. (Foto: VOA)

Dipicu oleh lonjakan inflasi dalam biaya makanan dan gas, Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat, Rabu (13/10), mengumumkan mulai Januari akan meningkatkan pembayaran penyesuaian biaya hidup (COLA) dari Jaminan Sosial sebesar 5,9 persen. Hal itu merupakan kenaikan terbesar dalam beberapa dekade.

Departemen Tenaga Kerja, juga mengumumkan bahwa inflasi melonjak 5,4 persen pada September dibandingkan tahun lalu.

Di masa lalu, COLA berkisar pada 2 persen. Pada 2021, penyesuaiannya sebesar 1,3 persen.

“Untuk hampir semua orang yang hari ini pensiun dan masih hidup serta menerima Jaminan Sosial, ini mungkin akan menjadi COLA tertinggi yang pernah mereka terima,” kata Mary Johnson, analis kebijakan Jaminan Sosial di Liga Warga Senior dalam sebuah wawancara dengan MarketWatch.

“Kita berbicara tentang tingkat inflasi yang hampir tidak pernah dialami oleh semua penerima jaminan sosial,” katanya.

Ia mengatakan ada tanda-tanda inflasi akan terus meningkat setidaknya hingga tahun depan, dan menambahkan ia sudah mendengar dari ratusan manula yang kesulitan membeli makanan.

Sekitar 64 juta orang Amerika, kebanyakan pensiunan senior, menerima pembayaran Jaminan Sosial.

Pengumuman hari ini tentang peningkatan COLA 5,9 persen, yang menjadi kenaikan terbesar dalam empat dekade, sangat penting bagi penerima Jaminan Sosial dan keluarganya ketika mereka berupaya menyesuaikan dengan kenaikan biaya-biaya,” kata Jo Ann Jenkins, CEO AARP, kelompok kepentingan yang berfokus pada mereka yang berusia di atas 50 tahun, dalam sebuah pernyataan.

Jumlah manfaat Jaminan Sosial dihitung dengan menggunakan Indeks Harga Konsumen dari Penerima Upah Perkotaan dan Pekerja administrasi. [my/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG