Tautan-tautan Akses

Pembawa Berita BBC Mengundurkan Diri Terkait Kasus Foto Seks


FILE - Pembaca berita BBC Huw Edwards pada Upacara Hari Peringatan Holocaust Inggris di Methodist Central Hall, London, 27 Januari 2020. (Chris Jackson / POOL / AFP)
FILE - Pembaca berita BBC Huw Edwards pada Upacara Hari Peringatan Holocaust Inggris di Methodist Central Hall, London, 27 Januari 2020. (Chris Jackson / POOL / AFP)

Pembawa berita kawakan Huw Edwards mengundurkan diri dari BBC, Senin (22/4), atas “saran medis”. Lembaga penyiaran itu mengatakan hal tersebut sembilan bulan setelah Edwards terlibat dalam skandal foto seksual eksplisit yang melibatkan seorang remaja.

Edwards (62 tahun), menjadi penyiar utama BBC untuk sejumlah peristiwa penting, seperti mangkatnya dan pemakaman Ratu Elizabeth II. Namun, ia diskors pada Juli 2023 ketika tuduhan terkait kasus ini pertama kali muncul.

“Huw Edwards hari ini mengundurkan diri dan meninggalkan BBC,” kata lembaga penyiaran ini dalam sebuah pernyataan.

“Setelah bekerja selama 40 tahun, Huw telah menjelaskan bahwa keputusannya dibuat berdasarkan saran medis dari dokternya. BBC telah menerima pengunduran dirinya, yang dipercaya akan memungkinkan semua pihak yang terkait untuk melangkah maju. Kami percaya tidak pada tempatnya untuk berkomentar lebih jauh terkait hal ini,” tambah BBC.

Pada awal tahun ini, BBC telah meminta maaf kepada keluarga seorang pria yang kata BBC telah dibayar oleh Edwards untuk foto-foto seksual eksplisit ketika pria itu masih remaja.

FILE - Jurnalis BBC, termasuk Huw Edwards (kanan) saat liputan di Downing Street, pusat kota London, 5 September 2022. (ISABEL BAYI / AFP)
FILE - Jurnalis BBC, termasuk Huw Edwards (kanan) saat liputan di Downing Street, pusat kota London, 5 September 2022. (ISABEL BAYI / AFP)

Ketika tuduhan itu menjadi berita utama pada Juli tahun lalu, istri Edwards, Vicky Flind mengatakan bahwa ayah dari lima anak itu “menderita oleh masalah kesehatan mental yang serius” dan telah dirawat di rumah sakit.

Keluarga pria itu telah mengadu ke BBC terkait Edwards pada Mei 2023.
Tetapi baru dua bulan kemudian, ketika tabloid The Sun bersiap untuk mempublikasikan kisah terinci dari tuduhan tersebut, pimpinan senior di BBC diinformasikan terkait persoalan itu. Hal ini menurut sebuah laporan yang ditugaskan penyusunnnya oleh oleh lembaga penyiaran itu.

Keluarga itu mengatakan, bahwa pria tersebut yang masih remaja ketika bekerja pada Edwards, menggunakan uang yang diperolehnya untuk memenuhi ketergantungannya pada kokain.

Meski begitu, pria itu, yang identitasnya tidak pernah diberikan, menolak semua tuduhan itu dan menyebutnya “sampah”. Edwards sendiri tidak pernah berkomentar secara terbuka.

Polisi mengatakan bahwa mereka tidak menemukan bukti pelanggaran kriminal yang telah dilakukan. Skandal ini mendominasi siaran berita dan koran-koran Inggris ketika terungkap tahun lalu.

Citra publik BBC telah dibangun berdasarkan kepercayaan masyarakat, tetapi lembaga penyiaran ini telah diguncang sejumlah skandal dalam beberapa tahun terakhir, yang mengungkap sejumlah nama besar terbukti menjadi pelaku pelanggaran sejumlah kasus seks. [ns/uh]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG