Tautan-tautan Akses

AS

Pemakaman Tokoh Hak-Hak Sipil John Lewis Berlangsung di Atlanta


Mantan Presiden AS George W. Bush berbicara dalam acara pemakaman anggota Kongres John Lewis di kota Atlanta, Georgia, Kamis (30/7).

Pemakaman tokoh pejuang hak-hak sipil AS, anggota Kongres John Lewis hari ini berlangsung di kota Atlanta, Georgia.

Mantan Presiden Barack Obama, Bill Clinton dan George W. Bush adalah di antara pelayat yang hadir di Gereja Baptis Ebenezer, sebuah tempat bersejarah di mana Dr. Martin Luther King, Jr pernah berkhotbah. Mantan Presiden Obama menyampaikan pidato di sana.

Lewis, yang meninggal karena kanker pankreas pada usia 80, kemudian akan dimakamkan di Pemakaman South-View di Atlanta.

Lewis bertugas di DPR AS selama 33 tahun sebagai anggota kongres dari distrik ke-5 Georgia yang mencakup kota Atlanta.

Para pelayat menunggu di sepanjang jalan-jalan yang dilewati oleh mobil jenazah yang membawa jasad Lewis pada hari Rabu dalam perjalanan ke gedung parlemen negara bagian atau State Capitol.

Banyak orang berdiri dalam antrean panjang untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Lewis yang dibaringkan dalam peti mati yang ditutupi dengan bendera Amerika. Acara itu diperpanjang untuk memberikan kesempatan kepada semua warga yang ingin memberikan penghormatan terakhir.

Jenasah anggota Kongres itu dibaringkan selama dua hari di United States Capitol atau Gedung Kongres Amerika di Washington sebelum dibawa ke Georgia. Dia adalah anggota parlemen kulit hitam pertama yang disemayamkan dalam kebesaran di Capitol Rotunda.

Juga hari Kamis, lonceng dibunyikan di Gereja Episkopal St. John di Washington, D.C. untuk menghormati mendiang anggota Kongres itu. [lt/jm]

Lihat komentar (2)

XS
SM
MD
LG