Tautan-tautan Akses

AS

Pemakaman George Floyd Berlangsung di Houston


Peti jenazah George Floyd dibawa keluar usai upacara pemakaman di gereja Praise church, Houston, Texas, Selasa (9/6).

Upacara pemakaman George Floyd, seorang pria keturunan Afrika-Amerika yang kematiannya dalam tahanan memicu protes di seluruh dunia terhadap kebrutalan polisi, dimulai pada hari Selasa (9/6) di Houston, di mana ia akan dimakamkan di samping ibunya.

Kerabat Floyd bersama ratusan tamu lainnya termasuk anggota kongres, atlet, dan aktor berkumpul di Gereja Fountain of Praise untuk ibadah yang dimulai dengan sejumlah pelayat mendekati peti jenazah yang dibuka untuk mengucapkan selamat tinggal kepada seorang pria yang menjadi lambang penghitungan terbaru Amerika dengan ketidakadilan rasial.

"Kami mungkin menangis, kami bisa berduka, kami akan dihibur dan kami akan menemukan harapan," kata Mia Wright, salah seorang pendeta gereja tersebut.

Sementara itu, Joe Biden Selasa (9/6) mengatakan waktu untuk mengakhiri ketidakadilan rasial di Amerika adalah "sekarang," ketika berbicara melalui video pemakaman George Floyd.

"Sekarang saatnya untuk keadilan rasial," kata penantang Demokrat terhadap Presiden Donald Trump dalam Pemilu November mendatang, lebih lanjut menambahkan "jutaan" pengunjuk rasa turun ke jalan-jalan dalam beberapa pekan terakhir menyampaikan pesan yang sama.

"Kita tidak boleh berpaling," kata Biden lebih jauh. "Kita tidak dapat meninggalkan momen ini dengan pikiran kita sekali lagi dapat berpaling dari rasisme yang menyengat jiwa kita." [mg/jm]

XS
SM
MD
LG