Tautan-tautan Akses

Pemain Regional Bersiap Jelang Pasukan AS Mundur dari Suriah


Daerah yang berada di bawah kontrol Suriah, 18 Desember 2018 (grafik: Carter Center; Natural Earth)

Pemain utama di dan sekitar Suriah mulai memposisikan pasukan mereka sementara diskusi berlangsung tentang cara melanjutkan aksi di sana manakala pasukan Amerika keluar dari negara itu dan perjuangan mereka melawan kubu terakhir kekhalifahan yang diproklamirkan kelompok teroris ISIS itu.

Laju gerakan pasukan, bersama upaya diplomatik, meningkat hari Senin, pada hari yang sama ketika markas besar militer Amerika, Pentagon, mengonfirmasi bahwa Menteri Pertahanan Jim Mattis yang akan keluar memerintahkan pasukan Amerika untuk mulai meninggalkan Suriah, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Juru bicara Erdogan hari Senin mengatakan, pejabat-pejabat pertahanan Turki akan bertemu rekan-rekan Amerika mereka pekan ini.

Kalin juga mengatakan Turki berencana bekerja sama erat dengan Rusia mengenai masa depan Suriah, sentimen yang digaungkan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov.

Pengumuman mengejutkan Trump pekan lalu bahwa pasukan Amerika akan ditarik dari Suriah juga mendorong mitra utama Amerika di Suriah, aliansi milisi Kurdi dan Arab, dikenal sebagai Pasukan Demokratik Suriah, atau SDF, berharap membuat kesepakatan dengan Rusia, Suriah atau bahkan Iran. [ka]

Lihat komentar (2)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG