Tautan-tautan Akses

AS

Pelosi Tunjuk Tokoh Republik Kedua untuk Selidiki Insiden 6 Januari


Para pendukung Presiden Trump dihadang oleh anggota polisi Gedung Capitol di luar Ruangan Senator di Gedung Senat, di Washington, 6 Januari 2021.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi dari Partai Demokrat pada Minggu (25/7) menunjuk tokoh Partai Republik kedua, Adam Kinzinger, menjadi anggota komite yang menyelidiki serangan pada 6 Januari di Gedung Capitol oleh ratusan pendukung mantan presiden Donald Trump.

Kinzinger, anggota Kongres dari negara bagian Illinois, bergabung dengan anggota Kongres dari negara bagian Wyoming Liz Cheney. Keduanya sama-sama pengkritik keras Trump. Panel itu akan mulai mendengarkan kesaksian pada Selasa (27/7). Panel itu menyelidiki kekacauan yang terjadi ketika para anggota Kongres sedang mensertifikasi kemenangan Joe Biden dari Partai Demokrat. Dia mengalahkan Trump dalam pemilu November lalu untuk menjadi presiden AS ke-46.

Pelosi telah menunjuk Cheney ke dalam panel itu beberapa minggu lalu. Sementara pengangkatan Kinzinger terjadi setelah Pemimpin Minoritas DPR Kevin McCarthy pekan lalu menarik kelima tokoh Republik yang ditunjuknya ke dalam komite, ketika Pelosi menolak dua di antaranya. Pelosi menyebut mereka bias terhadap peninjauan independen mengenai bagaimana dan mengapa kekacauan itu terjadi.

"Penolakan Ketua DPR Pelosi terhadap nominasi Republik untuk bertugas di dalam komite dan menunjuk sendiri para anggota memiliki narasi yang sama dengannya, tidak akan menghasilkan penyelidikan serius," kata McCarthy dalam pernyataan Minggu (25/7).

Sekitar 800 orang menerobos masuk ke gedung Capitol pada 6 Januari. Sebagian melakukan pengrusakan dan bentrok dengan polisi. Lebih dari 500 orang telah didakwa dengan berbagai pelanggaran. [vm/jm]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG