Tautan-tautan Akses

Para Pekerja Yunani Duduki Kantor Kementerian Keuangan


Para pekerja itu menghadang pegawai kementerian keuangan Yunani yang akan masuk ke kantor mereka.

Puluhan pekerja menduduki kementerian keuangan Yunani di Athena sehari setelah kabinet menyetujui pengurangan anggaran belanja baru yang luas.

Para pegawai kementerian itu dihadang masuk ke kantor mereka Kamis ini, sementara anggota serikat buruh PAME yang berafiliasi dengan komunis memprotes langkah baru untuk meredakan krisis hutang negara tersebut.

Kebijakan keras yang disetujui Rabu kemarin termasuk kenaikan pajak penjualan sebesar 2 persen, pembekuan pensiun dan pengurangan gaji pegawai negeri. Paket itu bertujuan untuk menghemat 6,5 miliar dolar.

Ketua Komisi Uni Eropa Jose Manuel Barroso menyuarakan dukungan terhadap prakarsa tersebut.

PM Yunani George Papandreou dijadwalkan akan bertemu dengan Kanselir Jerman Angela Merkel di Berlin pada hari Jumat dan Presiden Perancis Nicolas Sarkozy pada hari Minggu.

Sejak hutang Yunani yang sangat besar itu diuangkapkan nulan lalu dan mengguncang Uni Eropa, para analis telah melirik ke Jerman untuk membantu Yunani.

Tapi menurut Merkel, dia tidak akan membahas pemberian bantuan kepada Yunani pada pertemuan Jumat nanti. Kami sini, anggota koalisinya memberitahu surat kabar Jerman (Bild) bahwa Yunani perlu mempertimbangkan kemungkinan menjual beberapa pulaunya untuk mengurangi hutang.

XS
SM
MD
LG