Tautan-tautan Akses

Pekerja Bantuan Inggris-Iran, Zaghari-Ratcliffe, Hadapi Tuduhan Baru 


Pekerja Kemanusiaan Inggris-Iran Nazanin di rumah orang tuanya di Teheran, Iran, 17 Maret 2020. (Foto: Free Nazanin Campaign/Handout)

Televisi pemerintah Iran melaporkan pekerja bantuan Inggris keturunan Iran, Nazanin Zaghari-Ratcliffe, dipanggil oleh Pengadilan Revolusi Iran pada Selasa (8/9) dan diberitahu tentang dakwaan baru.

Zaghari-Ratcliffe, manajer proyek Thomson Reuters Foundation, ditangkap pada April 2016 di bandara Teheran saat hendak kembali ke Inggris bersama putrinya setelah melakukan kunjungan keluarga.

Dia dijatuhi hukuman lima tahun penjara setelah dinyatakan bersalah atas tuduhan berkomplot untuk menggulingkan ulama Iran dari kekuasaan. Keluarga dan yayasannya, sebuah badan amal yang beroperasi secara independen dari perusahaan media Thomson Reuters dan anak perusahaan berita Reuters, membantah tuduhan tersebut.

Zaghari-Ratcliffe untuk sementara dibebaskan dari penjara pada Maret lalu di tengah kekhawatiran atas penyebaran virus corona di penjara-penjara Iran tetapi dilarang meninggalkan negara itu.

Thomson Reuters Foundation mendesak Perdana Menteri Inggris Boris Johnson “agar segera turun tangan” untuk menjamin pembebasan permanen Zaghari-Ratcliffe. [lt/ft]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG