Tautan-tautan Akses

Pejabat Tinggi Perdagangan AS, China Bertemu di Washington


FILE - Wang Wentao, Menteri Perdagangan China, dalam konferensi pers di Beijing.
FILE - Wang Wentao, Menteri Perdagangan China, dalam konferensi pers di Beijing.

Para pejabat tinggi bisnis dan perdagangan China dan AS bertemu hari Kamis (25/5) di Washington, suatu pembicaraan langsung yang jarang terjadi antara para pemimpin dua ekonomi terbesar dunia itu.

Departemen Perdagangan AS mengemukakan dalam pernyataan hari Kamis bahwa Menteri Perdagangan China Wang Wentao dan Menteri Perdagangan AS Gina Raimond mengadakan “diskusi terbuka dan substantif mengenai isu-isu terkait hubungan perdagangan AS-China.”

Pertemuan hari itu, kata departemen tersebut, “merupakan bagian upaya yang berkelanjutan untuk menjaga jalur komunikasi tetap terbuka dan secara bertanggung jawab mengelola” hubungan AS-China.

Meskipun Presiden AS Joe Biden bertemu dengan pemimpin China Xi Jinping di Bali pada November lalu, pembicaraan perdagangan hari Kamis di Washington merupakan pertemuan pertama di tingkat kabinet di ibu kota AS antara para pejabat Amerika dan China semasa pemerintahan Biden.

Wang berada di AS untuk mengikuti Pertemuan Menteri-menteri Perdagangan APEC 2023 di Detroit pada Kamis dan Jumat.

Dalam pembicaraan d Washington, China menyatakan pandangannya mengenai hubungan China-AS dan isu-isu yang menjadi perhatian bersama, kata Shu Jueting, juru bicara Kementerian Perdagangan China, dalam pengarahan reguler di Beijing. [uh/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG