Tautan-tautan Akses

Pejabat Tinggi Militer AS Ditanya Senat Soal Penarikan Pasukan di Afghanistan


Tentara AS berjaga di balik kawat berduri saat warga Afghanistan duduk di pinggir jalan dekat bagian militer bandara di Kabul, 20 Agustus 2021.(Foto: AFP)

Sejumlah pejabat tinggi militer AS akan menghadapi pertanyaan pada hari Selasa (28/9) mengenai berakhirnya perang di Afghanistan dan pekan-pekan terakhir yang kacau sebelum pasukan AS ditarik dari negara itu setelah 20 tahun.

Menteri Pertahanan Lloyd Austin, Ketua Kepala Staf Gabungan Jenderal Mark Milley dan kepala Komando Sentral AS Jenderal Kenneth McKenzie dijadwalkan hadir di hadapan Komite Angkatan Bersenjata Senat untuk dengar keterangan mengenai akhir operasi militer di Afghanistan serta rencana kontraterorisme militer pada masa mendatang.

Pentagon telah membela operasi penarikan itu, yang mencakup upaya evakuasi lebih dari 120 ribu orang keluar Afghanistan sewaktu Taliban merebut kembali kekuasaan di negara itu.

Operasi itu memperlihatkan hari-hari yang kebanyakan kacau di bandara internasional Kabul, termasuk serangan bom bunuh diri yang menewaskan 13 anggota militer AS dan 169 orang Afghanistan.

Para pejabat kemungkinan besar akan menghadapi pertanyaan mengenai rencana pemerintahan Biden atas upaya penarikan dan keputusan untuk mengakhiri misi AS di Afghanistan, serta kejadian-kejadian spesifik pada hari-hari terakhir itu seperti serangan udara yang menewaskan 10 warga sipil.

Austin, Milley dan McKenzie dijadwalkan tampil kembali hari Rabu di hadapan Komite Angkatan Bersenjata DPR. [uh/lt]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG