Tautan-tautan Akses

AS

Pejabat Pemerintahan Trump Akan Beri Briefing Kepada Kongres Sehubungan Ancaman Iran


Pjs Menhan Patrick Shanahan menyimak, Rabu, 1 Mei 2019 selama sidang dengar anggaran subkomite Apropriasi di Capitol Hill di Washington, D.C. (foto: AP Photo/Jacquelyn Martin)

Pejabat top dari pemerintahan Trump akan memberi briefing kepada Kongres pada Selasa tentang ancaman yang berasal dari Iran.

Menlu Mike Pompeo dan pejabat menteri pertahanan Patrick Shanahan, Kepala Staf Gabungan Jenderal Joseph Dunford, serta seorang pejabat intelijen yang tidak disebutkan namanya merencanakan untuk berbicara dengan para anggota kongres. Ini dilakukan setelah berhari-hari ada kecurigaan yang diungkapkan oleh pejabat Amerika bahwa Iran bertanggung jawab atas serangan minggu lalu terhadap dua stasiun pompa minyak milik Arab Saudi dan sebelumnya sabotase terhadap empat tanker minyak.

Salah satu anggota kongres yang terkemuka, Senator Lindsey Graham, diberi briefing khusus oleh penasihat keamanan nasional John Bolton. Sesudahnya, pada Senin, dia mengatakan, “Jelas bahwa dalam beberapa minggu terakhir Iran telah menyerang jejaring pipa minyak dan kapal-kapal negara lain, serta menciptakan ancaman terhadap kepentingan Amerika di Irak.” [jm]

XS
SM
MD
LG