Tautan-tautan Akses

Pejabat Militer AS akan Temui Menhan Israel di Yerusalem


Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata AS, Jenderal Martin Dempsey (Foto: dok).
Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata AS, Jenderal Martin Dempsey (Foto: dok).

Departemen Luar Negeri AS kecewa karena Menhan Israel tidak minta maaf karena telah mengolok-olok upaya perundingan damai Israel-Palestina yang diprakarsai oleh Menlu AS John Kerry.

Ketua kepala staf gabungan angkatan bersenjata Amerika, Jenderal Martin Dempsey akan berkunjung ke Israel minggu depan dan akan bertemu dengan Menteri Pertahanan Israel yang telah membuat marah Amerika karena mengecam strategi Amerika di timur tengah dan Ukraina.

Jenderal Dempsey akan bertemu dengan menteri pertahanan Moshe Yaalon di Yerusalem hari Minggu (30/3).

Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan kecewa karena Yaalon tidak minta maaf atas ucapan yang dikeluarkannya dalam pertemuan pintu tertutup bulan ini, yang mengolok-olok Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry yang berusaha mendorong perundingan damai Israel-palestina.

Tokoh Israel itu juga mengatakan kebijaksanaan Amerika terhadap krisis Ukraina menunjukkan kelemahan. Kata Yaalon, anggota partai Likud sayap kanan, kalau Israel tidak percaya lagi pada Amerika,Israel mungkin harus melaksanakan ancamannya untuk menyerang proyek-proyek nuklir Iran secara sepihak.

Gen Dempsey to visit Israel (Reuters)
XS
SM
MD
LG