Tautan-tautan Akses

Pejabat Israel: Pencabutan Blokade Gaza Timbulkan Ancaman


Yuval Diskin, kepala dinas keamanan Isarel mengatakan negaranya akan menghadapi risiko ancaman keamanan gawat.

Seorang pejabat tinggi keamanan Israel mengatakan Israel akan menghadapi ancaman keamanan gawat jika negara itu mencabut blokade terhadap Gaza.

Yuval Diskin, kepala dinas keamanan dalam negeri ('Shin Bet') mengatakan militan Gaza telah menembakkan sekitar 5.000 roket, sebagian dengan jangkauan hingga 40 kilometer. Dia mengatakan sekitar 4.000 dari roket-roket itu milik Hamas, kelompok militan Palestina yang merebut kontrol atas Gaza pada tahun 2007.

Para pejabat Israel mengatakan Diskin, yang bertanggung jawab atas keamanan dalam negeri Israel, berkomentar demikian dalam sidang tertutup parlemen hari Selasa, sehari setelah Uni Eropa menyerukan agar Israel mencabut blokadenya atas Gaza.

Para menteri Uni Eropa menggambarkan blokade itu sebagai “tidak dapat diterima dan secara politis kontra-produktif.” Israel telah menghadapi tekanan internasional yang kuat agar mengakhiri blokade itu sejak pasukan komandonya menewaskan sembilan aktivis pro-Palestina dalam serbuan bulan lalu terhadap armada bantuan yang menuju Gaza.

XS
SM
MD
LG