Tautan-tautan Akses

Pejabat Gedung Putih: Tidak Masalah, Tentangan McCain terhadap Calon Direktur CIA


Senator John McCain di Annapolis, Maryland, 30 Oktober 2017. (Foto: dok).
Senator John McCain di Annapolis, Maryland, 30 Oktober 2017. (Foto: dok).

Seorang pejabat Gedung Putih telah mengesampingkan tentangan Senator John McCain terhadap calon pilihan Presiden Donald Trump untuk menduduki jabatan sebagai Direktur CIA, dengan mengatakan, “Bukan masalah, ia sedang sekarat.” Senator partai Republik dari Arizona yang berusia 81 tahun itu sedang berjuang mengatasi penyakit kanker otak.

Kelly Sadler, asisten khusus di kantor komunikasi Gedung Putih, dilaporkan membuat pernyataan itu hari Kamis (10/5) dalam suatu rapat staf komunikasi Gedung Putih.

Dua orang yang menghadiri rapat tertutup dan berbicara kepada Associated Press dengan syarat anonim itu menyatakan mereka merasa terkejut dan heran oleh pernyataan tersebut. Pernyataan itu telah dikukuhkan oleh media-media lainnya.

Gedung Putih tidak membantah pernyataan itu, dan mengeluarkan pernyataan yang menyebutkan, “Kami menghormati jasa Senator McCain terhadap negara kita dan ia serta keluarganya ada dalam doa kami pada masa sulit ini.”

Kamis malam (10/5), setelah pernyataan Sadler itu diberitakan, istri McCain, Cindy mencuit di Twitter, “Bisakah saya ingatkan Anda, suami saya punya keluarga, tujuh anak dan lima cucu.”

McCain, yang mengalami penyiksaan sewaktu menjadi tawanan perang di Vietnam, mengeluarkan pernyataan pada hari Rabu (9/5) yang mendesak Senat agar menolak Gina Haspel sebagai direktur CIA. Ia menyatakan yakin Haspel adalah seorang patriot, tetapi “penolakannya untuk mengakui bahwa penyiksaan adalah tindakan tidak bermoral membuatnya tidak layak dipilih.”

McCain kembali ke Arizona pada Desember lalu setelah didiagnosis mengidap glioblastoma, sejenis kanker otak yang agresif. McCain dan Trump memiliki hubungan yang bermasalah.

Dalam kampanye kepresidenannya, Trump berkata mengenai McCain, “Ia bukan pahlawan perang, ia menjadi pahlawan perang karena ia ditangkap. Saya suka orang yang tidak tertangkap.” [uh]

XS
SM
MD
LG