Tautan-tautan Akses

Pejabat AS Sebut Perilaku Putin sebagai “Contoh Korupsi”


Presiden Rusia Vladimir Putin
Presiden Rusia Vladimir Putin

Adam Szubin, pejabat senior Departemen Keuangan Amerika, menuduh Presiden Rusia Vladimir Putih melakukan korupsi, dengan mengatakan pemimpin Kremlin itu menggunakan jabatannya untuk memperkaya teman-teman dan sekutu-sekutunyadan merugikan orang lain.

Adam Szubin, yang mengawasi sanksi-sanksi Departemen Keuangan Amerika, menyampaikan tudingan itu dalam film dokumenter BBC yang dijadwalkan akan disiarkan Senin malam. Dalam siaran itu, Szubin mengatakan pemerintah Amerika telah mengetahui korupsi Putin sejak bertahun-tahun.

Beberapa pejabat lain Amerika telah menyampaikan komentar serupa kepada wartawan secara pribadi, tetapi jarang yang menyampaikannya di hadapan publik. Amerika sedang mengupayakan bantuan Rusia di Suriah dan isu-isu mendesak lain.

Dalam program BBC “Panorama”, Szubin mengatakan Amerika telah melihat Putin “memperkaya teman-teman dan sekutu-sekutu dekatnya, sementara meminggirkan mereka yang dinilainya bukan teman, dengan menggunakan aset negara. Apakah itu menggunakan kekayaan energi Rusia, atau kontrak-kontrak negara lain, Putin menyalurkannya kepada mereka yang diyakini akan mengabdi padanya, dan mengecualikan mereka yang tidak. Bagi saya itu adalah korupsi.”

Menurut BBC, juru bicara Putin menyangkal tuduhan-tuduhan itu. BBC mengutip juru bicara Kremlin yang mengatakan “tidak ada pertanyaan atau isu ini yang perlu dijawab karena semua ini jelas fiktif.” [em]

XS
SM
MD
LG