Tautan-tautan Akses

PBB Usulkan Mahkamah Khusus untuk Adili Bajak Laut


Sekjen PBB Ban Ki-moon menawarkan kepada Dewan Keamanan hari Rabu 7 usul untuk mengadili tersangka pembajak di masa depan.

Pemimpin PBB mengajukan berbagai pilihan untuk menanggulangi pembajakan di lepas pantai Somalia, antara lain, dengan membentuk sebuah mahkamah internasional.

Sekjen PBB Ban Ki-moon menawarkan kepada Dewan Keamanan, tujuh usulan untuk mengadili tersangka pembajak di masa depan, yang berkisar dari bantuan hukum yang sederhana bagi negara-negara hingga mahkamah internasional sepenuhnya yang akan ditegakkan Dewan Keamanan.

Ban mengatakan kepada Dewan Keamanan bahwa dalam tujuh bulan ini, 139 insiden yang berhubungan dengan pembajakan telah terjadi di lepas pantai Somalia dan 30 kapal telah dirompak.

Duta Besar AS untuk PBB Susan Rice mengatakan tantangan utama terhadap pemberantasan pembajakan tetap ada. Rice mengatakan kepada Dewan Keamanan tidak ada jawaban yang mudah bagi cara mengajukan tersangka pembajak ke pengadilan. Ia menyatakan setiap penyelesaian jangka panjang akan mengharuskan kemauan politik dan dana dari masyarakat internasional.

XS
SM
MD
LG