Tautan-tautan Akses

PBB Tuduh Boko Haram Lakukan Kebrutalan


Kepala badan PBB urusan kemanusiaan PBB, Stephen O’Brien (foto: dok).
Kepala badan PBB urusan kemanusiaan PBB, Stephen O’Brien (foto: dok).

Kepala badan PBB urusan kemanusiaan menuduh Boko Haram melakukan aksi kekerasan dan kebrutalan “yang tidak terbayangkan”.

Kepala badan PBB mengatakan aksi kekerasan Boko Hraam itu memaksa sejumlah besar orang melarikan diri dari rumah mereka sehingga membuat jumlah orang yang memerlukan bantuan mencatat rekor.

Stephen O’Brien mengatakan PBB memperkirakan lebih dari Sembilan juta milyar orang di Lake Chad Basin – bagian-bagiannya merupakan bagian wilayah Nigeria, Niger, Chad dan Kameron – membutuhkan bantuan kemanusiaan, termasuk sekitar 2,8 juta orang yang melarikan diri dari serangan terhadap kota dan desa mereka.

O’Brien mengatakan kepada Dewan Keamanan bahwa Nigeria menanggung “beban terberat akibat krisis ini” meskipun ada upaya signifikan pemerintah, dengan tujuh juta dari sembilan juta orang yang membutuhkan bantuan adalah warga Nigeria.

Kepala urusan politik PBB Jeffrey Feltman mengatakan meskipun ada upaya kawasan untuk melemahkan Boko Haram, kelompok itu terus mengancam stabilitas kawasan. [em/ds]

Recommended

XS
SM
MD
LG