Tautan-tautan Akses

PBB Peringatkan Lonjakan Migran di Jalur Berbahaya Darien Gap


Migran, kebanyakan warga Venezuela, menyeberangi sungai saat melewati Darien Gap dari Kolombia ke Panama, berharap bisa mencapai AS, 15 Oktober 2022. (Foto: AP)
Migran, kebanyakan warga Venezuela, menyeberangi sungai saat melewati Darien Gap dari Kolombia ke Panama, berharap bisa mencapai AS, 15 Oktober 2022. (Foto: AP)

Dua badan PBB pada Kamis (13/4) mengatakan bahwa lebih dari 100 ribu migran telah melakukan perjalanan berbahaya melalui Darien Gap antara Panama dan Kolombia pada tahun ini dalam upaya mereka mencapai AS.

Badan Pengungsi PBB dan Organisasi Internasional untuk Migrasi mengatakan dalam pernyataan bersama mereka bahwa lonjakan jumlah itu merupakan “peningkatan yang mengkhawatirkan.”

Peningkatan ini menunjukkan enam kali lebih banyak orang yang melakukan perjalanan berbahaya itu dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Selain geng-geng penjahat yang bisa ditemui para migran sewaktu menyeberangi hutan tanpa jalan, mereka juga menghadapi sungai berarus deras dan ular berbisa.

Sebagian besar dari mereka yang mengambil risiko melewati Darien tahun lalu adalah warga Venezuela, Haiti dan Ekuador. Yang lainnya mencakup orang-orang Asia dari China dan India, serta dari Afrika, terutama dari Kamerun dan Somalia.

Tahun lalu 250 ribu migran melakukan perjalanan berbahaya melalui Darien Gap.

“Panama menghadapi salah satu krisis paling menantang berupa beragam pergerakan dalam dekade terakhir, sebagai bagian dari perpindahan yang belum pernah terjadi sebelumnya di seluruh Amerika,” kata kedua badan tersebut dalam pernyataan bersama mereka. [uh/ab]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG