Tautan-tautan Akses

PBB Peringatkan Bencana Kemanusiaan di Suriah Barat Laut


Para perempuan Suriah yang melarikan diri untuk menghindari peperangan di Idlib selatan, menghangatkan diri dengan perapian di Afrin, Suriah (6/2).

Badan-badan PBB memperingatkan sebuah bencana kemanusiaan sedang berkembang di Suriah barat laut, dan semakin banyak warga sipil tewas dan cedera, sementara sarana di kawasan itu dihancurkan.

PBB mengungkapkan kekhawatirannya dengan eskalasi cepat dalam pertempuan di Idlib selatan dan timur, dan juga di Aleppo barat dan selatan. Katanya serangan udara dan misil ditembakkan tanpa mempedulikan keselamatan warga sipil.

Kantor HAM PBB mengatakan, banyak warga sipil tewas dan cedera, sementara ratusan ribu kehilangan tempat tinggal. Dalam lima hari pertama Februari, badan itu telah memverifikasi paling sedikit 49 warga sipil, termasuk 14 perempuan dan 17 anak-anak, telah tewas. Paling sedikit 186 warga sipil tewas bulan lalu.

Kata PBB, serangan udara oleh pesawat Suriah dan Rusia bertanggung jawab atas sebagian besar korban warga sipil yang tewas atau luka-luka. Suriah dan Rusia melancarkan sebuah ofensif militer besar-besaran Sembilan bulan lalu untuk merebut kendali di Idlib dari kelompok pembrontak. [jm/pp]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG