Tautan-tautan Akses

PBB Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Suriah Utara


Kamp pengungsi Suriah di kota Zahle, lembah Bekaa, Lebanon (11/12). (Reuters/Mohamed Azakir)
Kamp pengungsi Suriah di kota Zahle, lembah Bekaa, Lebanon (11/12). (Reuters/Mohamed Azakir)

Badan pengungsi PBB mengatakan bantuan itu dimaksudkan untuk membantu 60 ribu orang warga Suriah yang telah terpaksa meninggalkan rumah mereka.

PBB menerbangkan bantuan bagi pengungsi Suriah yang sudah menderita oleh pertempuran selama lebih dari dua setengah tahun dan menghadapi cuaca musim dingin yang berat.

Penerbangan bantuan dimulai Minggu (15/12), dan akan terus dilakukan selama 10 hari untuk bantuan kemanusiaan dari Irak ke Suriah utara, tempat rakyat yang
mengangkut berton-ton makanan, selimut dan bahan-bahan yang diperlukan untuk kesehatan.

Badan pengungsi PBB mengatakan bantuan itu dimaksudkan untuk membantu 60 ribu orang warga Suriah yang telah terpaksa meninggalkan rumah mereka. Pertempuran telah membatasi akses ke daerah-daerah lain di Suriah, dan badan itu mengatakan tidak ada pengangkutan bantuan yang berarti mencapai provinsi Al Hassakeh sejak Mei.

Pengangkutan dengan pesawat terbang itu tertunda sejak pekan lalu karena badai musim dingin melanda daerah tersebut. Pemerintah Suriah dan Irak menyetujui penerbangan itu.

PBB mengatakan perang saudara Suriah telah memaksa lebih dari 2,2 juta mengungsi ke luar negara itu dan 6,5 juta lainnya mengungsi dari rumah mereka ke daerah lain di Suriah. Ini merupakan 40 persen dari jumlah penduduk negara itu.
XS
SM
MD
LG