Tautan-tautan Akses

PBB Keluarkan Bantuan Darurat 2,5 Juta Dolar untuk Vanuatu


Topan Harold melumpuhkan kawasan Luganville, Vanuatu, 6 April 2020. (Foto Courtesy: Adra Vanuatu/Social Media via REUTERS)
Topan Harold melumpuhkan kawasan Luganville, Vanuatu, 6 April 2020. (Foto Courtesy: Adra Vanuatu/Social Media via REUTERS)

PBB telah menyerukan jutaan dolar untuk membantu Vanuatu pulih dari topan dahsyat yang menghantam kepulauan di Pasifik itu pekan lalu.

Badan dunia itu, Senin (14/4) mengumumkan 2,5 juta dolar dari dana tanggap daruratnya akan dikeluarkan untuk membantu ribuan orang di Vanuatu yang terimbas Topan Harold.

Kepala badan kemanusiaan PBB Mark Lowcock mengatakan dalam suatu pernyataan tertulis bahwa topan itu “telah menimbulkan kekacauan di Vanuatu, menghancurkan rumah-rumah, sekolah-sekolah, jalan-jalan dan tanaman palawija.” Menurut pernyataan itu, dana tersebut akan memungkinkan lembaga-lembaganya untuk mendapatkan air bersih layak minum, makanan, tempat penampungan sementara dan layanan kesehatan “di tempat yang paling membutuhkannya.”

Puluhan orang tewas sewaktu Topan Harold menghantam Kepulauan Solomon, Fiji, Tonga dan Vanuatu awal pekan ini. Topan itu membawa angin berkecepatan lebih dari 200 kilometer per jam. Vanuatu kini berada di bawah situasi darurat untuk menanggapi pandemi virus corona di sana. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG