Tautan-tautan Akses

PBB: Gencatan Senjata Akhiri Pertempuran di Ibu Kota Libya


Penduduk memeriksa kerusakan setelah sebuah roket menghantam sebuah kamp pengungsi dalam pertempuran antara kelompok bersenjata di Tripoli, Libya, 2 September 2018.
Penduduk memeriksa kerusakan setelah sebuah roket menghantam sebuah kamp pengungsi dalam pertempuran antara kelompok bersenjata di Tripoli, Libya, 2 September 2018.

PBB berhasil melakukan mediasi antara pihak-pihak berkonflik dan menghasilkan gencatan senjata guna mengakhiri bentrokan di Tripoli, Ibu Kota Libya.

Pengumuman pada Selasa (3/9) muncul setelah penguasa Libya mengatakan, jumlah korban tewas akibat kekerasan itu meningkat menjadi 61. Sejumlah lainnya juga cedera.

Pemerintah Amerika, bersama Inggris, Perancis, dan Italia, dalam pernyataan bersama mengatakan mereka menyambut gembira gencatan senjata itu dan menyerukan kepada semua pihak di Libya agar menghindari tindakan-tindakan yang bisa memperlemah gencatan senjata, mengacaukan keamanan warga sipil, atau merugikan upaya Libya untuk memajukan proses politik dan membangun semangat kompromi.

Pertempuran pecah di Tripoli pada 27 Agustus setelah sebuah kelompok bersenjata yang berbasis di Tarhouna, 65 kilometer tenggara dari ibu kota, serangan mendadak terhadap milisi saingannya.

Mediator PBB mengumumkan Selasa bahwa bandara akan dibuka kembali tetapi tidak merinci waktunya.

Milisi-milisi bersenjata telah bertempur guna menguasai ibu kota sejak kejatuhan diktator Moammar Gadhafi pada 2011. Negara itu kini diperintah oleh sebuah pemerintahan yang didukung PBB di Tripoli, dan sebuah faksi saingan di timur negara itu, kedua-duanya didukung oleh berbagai milisi. [jm]

XS
SM
MD
LG