Tautan-tautan Akses

PBB dan Uni Eropa Puji Iran, AS Kritik


Inspektur IAEA yang tidak diketahui namanya dan para teknisi Iran memotong hubungan antara dua tabung untuk keperluan pengayaan uranium 20 persen di fasilitas nuklir Natanz (foto: AP Photo/IRNA, Kazem Ghane)

Berbeda dengan PBB dan Uni Eropa yang memuji Iran, Duta Besar Amerika untuk PBB Nikki Haley menuduh Iran bertindak ‘merusak dan mengacau’ mulai dari peluncuran misil balistik sampai ke penyelundupan senjata.

PBB dan Uni Eropa memuji Iran melaksanakan perjanjian nuklir dengan enam negara besar. Sebaliknya Duta Besar Amerika untuk PBB Nikki Haley menuduh Iran bertindak ‘merusak dan mengacau’ mulai dari peluncuran misil balistik sampai ke penyelundupan senjata.

Pidato-pidato yang diucapkan pada sidang Dewan Keamanan PBB hari Kamis tentang pelaksanaan perjanjian tersebut menunjukkan adanya perpecahan yang dalam tentang Iran antara ke lima negara besar dan pemerintahan Trump.

Sementara Rusia, China, Prancis, Inggris dan Jerman menyambut baik kepatuhan pemerintah Iran terhadap perjanjian dalam mengekang program nuklirnya, Duta Besar Haley mengatakan Amerika akan mematuhi perjanjian sambil mengkaji ulang dan lengkap perjanjian tersebut.

Alih-alih Haley fokus pada Resolusi 2015 dan mengatakan Dewan Keamanan tidak mengindahkan pelanggaran yang berulangkali dilakukan Iran. [ps/al]

XS
SM
MD
LG