Tautan-tautan Akses

PBB dan Uni Afrika Berupaya Tingkatkan Pendanaan Lawan Pemberontak LRA


Tentara Uganda saat mengejar pemimpin pemberontak LRA, April 2012 (Foto: dok)
Tentara Uganda saat mengejar pemimpin pemberontak LRA, April 2012 (Foto: dok)

PBB dan Uni Afrika berencana untuk meningkatkan pendanaan awal tahun depan untuk melawan pemberontak Laskar Perlawanan Tuhan (LRA), yang terus melakukan serangan di Afrika Tengah.

Abou Moussa, kepala Kantor Regional PBB untuk Afrika Tengah (UNOCA) mengatakan kepada Dewan Keamanan hari Selasa (18/12) bahwa keamanan di kawasan itu telah membaik. Tetapi ia mengatakan kekerasan oleh pasukan-pasukan bersenjata seperti LRA berlanjut, sementara kantornya berusaha untuk mengikuti strategi beberapa langkah yang telah disetujui oleh Dewan Keamanan bulan Juni.

Organisasi-organisasi kemanusiaan dan hak azasi telah mengecam apa yang mereka katakan kemajuan yang lamban dalam melaksanakan rencana PBB tersebut.

Amerika Serikat mengatakan mendukung sepenuhnya strategi itu, tetapi menyerukan kepada PBB agar memainkan peran yang sangat penting dalam meningkatkan perlindungan bagi warga sipil.

Wakil Duta Besar Amerika ke PBB Jeffrey DeLaurentis juga mengatakan hari Selasa bahwa menumpas LRA memerlukan tekad yang teguh dari negara-negara di kawasan itu.
XS
SM
MD
LG