Tautan-tautan Akses

Paus Kecam Razia atas Gereja Katolik di Belgia


Minggu lalu, polisi Belgia menggerebek kantor-kantor gereja Katolik sehubungan kasus pelecehan seks atas seorang anak.

Paus Benekdiktus mengecam apa yang disebutnya cara-cara yang “mengherankan dan disayangkan” oleh polisi Belgia ketika menggerebek kantor-kantor gereja Katolik minggu lalu sehubungan kasus pelecehan seks atas seorang anak kecil.

Paus mengirim pesan yang mendukung keuskupan Belgia dan menyatakan solidaritas dengan para pastor Belgia atas apa yang disebutnya “saat yang menyedihkan” ini. Kata Vatican hari Minggu, razia atas kantor-kantor gereja seperti itu belum pernah terjadi sebelumnya, bahkan di negara komunis sekalipun.

Polisi Belgia hari Kamis lalu menggerebek rumah dan kantor seorang uskup agung yang sudah pensiun, dan makam seorang bekas uskup. Kata pejabat gereja, polisi menahan sembilan orang uskup selama berjam-jam jam dan menyita telpon-telpon genggam mereka. Kata polisi Belgia, ke-9 uskup itu diperlakukan secara “normal” dalam razia itu.

Gereja Katolik Belgia tahun ini juga terguncang hebat ketika seorang uskup mengakui telah melakukan pelecehan seksual atas sejumlah anak laki-laki sebelum dan setelah ia menjadi uskup. Uskup Roger Vangheluwe adalah pejabat gereja pertama yang mengundurkan diri karena skandal seks itu.

XS
SM
MD
LG