Tautan-tautan Akses

Paus Fransiskus Tiba di Irlandia, Siap Temui Korban Pelecehan Seksual Gereja Katholik


Paus Fransiskus melambaikan tangan saat naik pesawat untuk kunjungan dua hari ke Irlandia di Bandara Leonardo da Vinci-Fiumicino di Roma, Italia, 25 Agustus 2018.
Paus Fransiskus melambaikan tangan saat naik pesawat untuk kunjungan dua hari ke Irlandia di Bandara Leonardo da Vinci-Fiumicino di Roma, Italia, 25 Agustus 2018.

Para korban skandal pelecehan seksual pastur-pastur Gereja Katholik menyerukan kepada Paus Fransiskus, yang sedang melawat ke Irlandia, untuk bersikap tegas terhadap para pastur tersebut.

Paus, yang tiba di Dublin Sabtu pagi (25/8), memulai lawatan pertama ke negara itu dalam hampir 40 tahun. Irlandia, yang telah jauh berubah sejak lawatan Paus John Paul II pada tahun 1979, kini menjadi semakin sekuler pasca terungkapnya skandal-skandal pelecehan seksual yang mulai mengemuka pada tahun 2005.

Lawatan Paus Fransiskus yang dilakukan di tengah meningkatnya laporan pelecehan seksual pastur-pastur di Amerika, Chili dan Australia; telah mengingatkan warga Irlandia akan skandal serupa yang dilakukan para pastur Irlandia.

Ratusan ribu orang diperkirakan akan datang untuk menemui Paus, termasuk para demonstran yang sudah merencanakan akan melancarkan aksi protes.

Banyak korban pelecehan seksual, keluarga dan para pendukung mereka menyerukan kepada Paus Fransiskus untuk melakukan lebih banyak hal dibanding sekedar melangsungkan pertemuan tertutup dengan sekelompok penyintas terpilih.

Dalam konferensi yang disponsori Vatikan hari Jum’at (24/8), seorang penyintas terkemuka di Irlandia, Marie Collins, mengatakan Gereja Katholik harus membentuk “struktur yang kuat” untuk meminta pertanggungjawaban pastur yang sewenang-wenang.

Vatikan mengumumkan Paus Fransiskus akan bertemu sejumlah korban pelecehan seksual para pastur dan menambahkan bahwa ia juga akan datang ke Katedral Saint Mary di Dublin untuk mendoakan para korban. [em]

XS
SM
MD
LG